Kualitas dan kuantitas tidur memengaruhi kualitas hidup, serta kesehatan seseorang secara keseluruhan. Tidur yang tidak cukup akan menimbulkan gangguan fisik dan mental. Pada umumnya, butuh 8 jam tidur dalam sehari untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit.

Insomnia adalah gangguan tidur yang menyebabkan penderitanya sulit tidur, atau tidak cukup tidur, meskipun terdapat cukup waktu untuk melakukannya. Gangguan tersebut menyebabkan kondisi penderita tidak prima untuk melakukan aktivitas keesokan harinya.

Cara Mengatasi Insomnia Secara Alami

Terdapat dua tipe insomnia yaitu insomnia primer dan insomnia sekunder. Insomnia primer adalah insomnia yang tidak terkait dengan kondisi medis lain. Sedangkan insomnia sekunder adalah insomnia yang disebabkan oleh gangguan kesehatan lain, misalnya radang sendi, asma, depresi, kanker, atau refluks asam lambung (GERD). Insomnia sekunder juga dapat disebabkan oleh konsumsi obat-obatan atau alkohol.


Ramuan Tradisional Untuk Mengatasi Insomnia


Sumber: Dr. Zaidul Akbar

Bahan - bahan:
  • Daun pandan 3 lembar potongan kecil.
  • Jahe sejempol.
  • Air panas 250-300 ml.
  • Madu secukupnya.

Cara pembuatan:
  • Seduh semua bahan dengan air panas.
  • Tunggu hangat kasih madu.
  • Boleh di minum setiap hari.

Cara Mengatasi Insomnia Secara Alami


Sebelum mengkonsumsi obat-obatan yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan dalam jangka panjang, coba beberapa cara alami dibawah ini:

1. Hirup Wewangian Lavender

Menjelang waktu tidur, pasang minyak esensial lavender sebagai aromaterapi di kamar.

Berdasarkan studi tahun 2015, 159 wanita pasca melahirkan yang diberikan aromaterapi lavender selama 8 minggu melaporkan peningkatan kualitas tidur.

Para partisipan diminta menghirup aroma lavender (dengan jarak 20 centimeter) dan kemudian minyak tersebut diletakkan di samping bantal hingga pagi hari. Hasilnya, partisipan mengaku tidur lebih nyenyak.

Studi lain tahun 2017 menyebut, 60 orang dengan penyakit jantung yang dirawat di ruangan ICU dan diminta untuk menghirup aroma lavender, 2 persennya melaporkan kualitas tidur yang meningkat dan rasa cemas berkurang.

2. Minum Teh Kamomil

Konsumsi teh kamomil dapat memberikan efek mengantuk layaknya obat golongan benzodiazepin. Teh jenis ini dinilai memiliki efek penenang dan dapat membantu Anda tertidur lebih lelap di malam hari.

Efek tersebut disebabkan oleh kandungan apigenin pada flavonoid yang dapat berikatan dengan reseptor benzodiazepin di otak.

Selain dalam bentuk teh, kamomil juga tersedia dalam bentuk aromaterapi untuk membuat suasana lebih santai.

3. Mencukupi Asupan Magnesium

Kadar magnesium yang rendah dapat membuat Anda lebih sulit tertidur. Oleh karena itu, cukupi kebutuhan magnesium Anda dengan mengonsumsi kacang-kacangan dan sayuran hijau.

Wanita butuh 310 hingga 320 milligram magnesium per hari, sedangkan pria butuh 400 hingga 420 miligram magnesium per hari.

Bila ingin konsumsi suplemen magnesium, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Pasalnya, terlalu banyak magnesium bisa menyebabkan kram dan mual.

4. Olahraga Secara Rutin

Salah satu cara mengatasi insomnia yang bisa Anda lakukan adalah rutin olahraga. Sebuah penelitian menunjukkan, seseorang yang rutin olahraga selama 60 menit sebanyak tiga hingga empat kali seminggu bisa tidur satu jam lebih lama daripada mereka yang tak rutin olahraga.

Selain itu, kualitas tidur juga meningkat karena Anda menjadi tidak sering terbangun di malam hari. Ahli National Sleep Foundation mengatakan, olahraga mampu membuat tubuh jadi lebih rileks sehingga menurunkan stres, kecemasan, dan depresi.

5. Hindari Banyak Makan Sebelum Tidur

Untuk mencegah rasa lapar di malam hari, Anda sebaiknya mengonsumsi camilan sehat seperti buah menjelang waktu tidur.

Batasi konsumsi cairan menjelang waktu tidur, sehingga Anda tidak terbangun untuk buang air kecil.

Selain itu, hindari atau batasi pula konsumsi kafein dan alkohol yang dapat membuat Anda sulit tidur.

Anda juga mesti menghindari rokok, karena kandungan nikotin di dalamnya dapat memberikan efek mengganggu tidur.

6. Batasi penggunaan gadget di malam hari

Cara mengatasi susah tidur lainnya adalah jangan melakukan aktivitas yang akan membuat Anda semakin terjaga. Seperti membuka layar handphone, menonton TV, atau bermain game di tablet. Ingat, blue light yang dipancarkan oleh layar gadget akan semakin membuat Anda terjaga dan sulit tidur.

7. Buat suasana kamar menjadi nyaman

Kamar yang terlalu terang, bising, dan terlalu panas atau dingin bisa membuat Anda jadi susah tidur. Sehingga cara mengatasi susah tidur yang efeketif adalah dengan mengubah suasana kamar tidur.

Saat sudah memasuki jam tidur, jangan nyalakan penerangan berlebihan di kamar. Buat suasana menjadi lebih gelap, tenang, dan sejuk. Selain itu, pilih bantal kasur yang nyaman untuk mendukung Anda mendapatkan tidur yang berkualitas.

Post a Comment