Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan ciri-ciri berupa tingginya kadar gula (glukosa) darah. Penyakit diabetes terbagi menjadi dua jenis, yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2.

Diabetes tipe 1 terjadi karena sistem kekebalan tubuh penderita menyerang dan menghancurkan sel-sel pankreas yang memproduksi insulin. Hal ini mengakibatkan peningkatan kadar glukosa darah, sehingga terjadi kerusakan pada organ-organ tubuh.

Diabetes tipe 2 merupakan jenis diabetes yang lebih sering terjadi. Diabetes jenis ini disebabkan oleh sel-sel tubuh yang menjadi kurang sensitif terhadap insulin, sehingga insulin yang dihasilkan tidak dapat dipergunakan dengan baik (resistensi sel tubuh terhadap insulin). Sekitar 90-95% persen penderita diabetes di dunia menderita diabetes tipe ini.

Ramuan Tradisional Untuk Mengatasi Diabetes

Pasien diabetes diharuskan untuk mengatur pola makan dengan memperbanyak konsumsi buah, sayur, protein dari biji-bijian, serta makanan rendah kalori dan lemak. 

Bila perlu, pasien diabetes juga dapat mengganti asupan gula dengan pemanis yang lebih aman untuk penderita diabetes. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter atau dokter gizi untuk mengatur pola makan sehari-hari.

Untuk membantu mengubah gula darah menjadi energi dan meningkatkan sensitivitas sel terhadap insulin, pasien diabetes dianjurkan untuk berolahraga secara rutin, setidaknya 10-30 menit tiap hari. Pasien dapat berkonsultasi dengan dokter untuk memilih olahraga dan aktivitas fisik yang sesuai.

Beberapa contoh olahraga yang disarankan antara lain, jalan atau lari pagi, bersepeda, berenang, dan lain sebagainya. 

Olahraga akan memperbanyak jumlah dan meningkatkan aktivitas reseptor insulin dalam tubuh dan juga meningkatkan penggunaan glukosa.

Ramuan Tradisional Untuk Mengatasi Diabetes


Selain menerapkan beberapa tips di atas dan berkonsultasi dengan dokter, Anda juga bisa mencoba ramuan berikut ini untuk membantu mengatasi diabetes.

Sumber: dr. Zaidul Akbar

Bahan:
  • 1 sdt kayu manis bubuk.
  • 1 sdt madu.

Cara Membuat:
  • Seduh kayu manis bubuk dengan air panas kurang lebih 250 ml.
  • Diamkam sebentar.
  • Setelah agak hangat baru tambahkan madu.
  • Di minum sekali sehari saja.

Selain itu, dr. Zaidul Akbar juga menambahkan untuk perbanyak puasa, dan minum jus mengkudu atau  pare.


Post a Comment