Ad Code

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Ramuan Tradisional Untuk Melancarkan Haid

Haid atau menstruasi tidak lancar merupakan kondisi ketika siklus menstruasi menjadi lebih lambat, lebih cepat, lewat beberapa bulan, atau bahkan tidak terjadi sama sekali.

Secara umum siklus menstruasi terjadi setiap 28-36 hari dan berlangsung sebanyak 11-13 kali dalam satu tahun. Tiap wanita mengalami siklus menstruasi yang berbeda-beda, bisa lebih pendek atau lebih panjang.

Cara Melancarkan Haid Secara Alami

Menstruasi dikatakan tidak lancar atau tidak teratur apabila siklus terjadi kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari. 

Selain itu menstruasi dikelompokkan tidak lancar bila lamanya menstruasi berubah-ubah setiap bulannya. Volume darah yang tidak sama, kadang banyak dan kadang sedikit, juga merupakan salah satu bentuk menstruasi tidak lancar.

Kondisi ini dapat disebabkan oleh beragam hal, mulai dari penggunaan alat kontrasepsi, pola hidup tidak sehat, stres, kehamilan, penyakit tiroid, hingga sindrom ovarium polikistik (PCOS).

Cara Melancarkan Haid Secara Alami


Haid tidak lancar dapat diatasi dengan berbagai macam cara, tapi tentu harus disesuaikan dengan penyebabnya.

Sebelum Anda mengkonsumsi obat-obatan, Anda bisa mencoba ramuan tradisional berikut ini dirumah untuk membantu melancarkan menstruasi secara alami.

1. Kunyit

Senyawa kurkumin dalam kunyit dikenal dapat mengurangi peradangan. Kamu dapat mencoba mengonsumsi kunyit untuk membantu melancarkan haid bila tidak memiliki alergi terhadap kunyit.

Kunyit bisa dicampur dengan teh, madu, atau susu. Gunakan kunyit asli yang telah digeprek atau kunyit bubuk agar lebih praktis.

2. Jahe

Jahe dipercaya dapat membantu melancarkan haid. Anda dapat menjadikan jahe sebagai minuman pelancar haid dengan cara mencampurnya ke dalam teh. 

Tak hanya memperlancar haid, ada juga manfaat jahe yang lain, seperti meringankan gejala premenstrual syndrome (PMS), meredakan nyeri haid, mengurangi rasa kembung, meredakan mual, dan mengatasi sembelit.

3. Kayu manis

Penelitian menunjukkan bahwa kayu manis dapat membantu memperbaiki siklus menstruasi agar lebih teratur, sehingga berpotensi untuk dijadikan sebagai minuman pelancar haid.

Untuk membuat minuman pelancar haid dari kayu manis cukup mudah. Anda  hanya perlu menyeduhnya dengan air hangat, atau mencampurkan kayu manis ke dalam teh hangat.

Kayu manis tak hanya membantu memperlancar siklus haid saja, tetapi juga mengurangi nyeri haid, dan menjadi salah satu pilihan pengobatan untuk mengatasi PCOS.

4. Cuka sari apel

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi cuka sari apel setiap hari dapat memperlancar siklus haid penderita PCOS. 

Anda dapat menjadikan cuka sari apel sebagai minuman pelancar haid dengan cara meminumnya secara langsung atau mencampurnya ke dalam air dan madu.

Cuka sari apel tak hanya memperlancar siklus haid saja tetapi juga dapat menurunkan kadar gula darah dan insulin, serta dapat menurunkan berat badan.

5. Resep Melancarkan Haid dr. Zaidul Akbar

Bahan - bahan:
  • Kunyit 2 Jempol.
  • Jahe 1 Jempol.
  • Asam Jawa Secukupnya.
  • Gula Aren Secukupnya.
  • Air 300 ml.

Cara pembuatan:
  • Iris tipis jahe, kunyit.
  • Seduh dengan air mendidih.
  • Masukan gula aren dan asam jawa.
  • Diamkan sebentar.
  • Dan minum selagi hangat.


Demikian beberapa cara melancarkan haid secara alami yang dapat Anda coba dirumah. Selain itu Anda juga perlu menerapkan gaya hidup sehat dengan mengatur pola makan dan rutin berolahraga. Kedua hal tersebut turut andil terhadap kelancaran siklus haid.
Reactions

Post a Comment

0 Comments

Ad Code

Responsive Advertisement