Penderita asma biasanya menggunakan inhaler atau mengonsumsi obat asma untuk meredakan gejala. Namun tak hanya  dapat ditangani dengan inhaler, beberapa obat herbal alami juga diklaim dapat membantu mengobati gejala asma.

Asma adalah jenis penyakit jangka panjang atau kronis pada saluran pernapasan yang ditandai dengan peradangan dan penyempitan saluran napas yang menimbulkan sesak atau sulit bernapas. 

Selain sulit bernapas, penderita asma juga bisa mengalami gejala lain seperti nyeri dada, batuk-batuk, dan mengi. Asma bisa diderita oleh semua golongan usia, baik muda atau tua.

Meskipun penyebab pasti asma belum diketahui secara jelas, namun ada beberapa hal yang kerap memicunya, seperti asap rokok, debu, bulu binatang, aktivitas fisik, udara dingin, infeksi virus, atau bahkan terpapar zat kimia.

Cara Mengobati Asma Secara Alami

Cara Mengobati Asma Secara Alami


Selain obat medis yang diresepkan oleh dokter, penyakit asma juga dapat diredakan oleh berbagai bahan herbal alami. Obat herbal ini dapat dengan mudah ditemukan, di antaranya:

1. Jahe dan Madu

Jahe merupakan salah satu tanaman herbal yang kerap digunakan sebagai bumbu masak. Namun, jahe juga bisa digunakan sebagai obat-obatan. Selain menghangatkan tubuh, jahe bisa membantu mengobati asma.

Caranya, Anda perlu menyiapkan jahe secukupnya yang sudah dibersihkan. Kemudian, potong jahet yang sudah bersih menjadi kecil. Lalu masukkan ke dalam panci berisi air dan rebuslah hingga mendidih. Setelah itu, Anda bisa meminumannya dalam keadaan hangat kuku.

Anda juga bisa menambahkan madu sebagai pemanis alami. Sebab, madu alami memiliki ragam manfaat bagi kesehatan tubuh dan membantu meredakan sesak napas.

2. Kunyit

Sama seperti jahe, kunyit juga terkenal ampuh mengatasi gangguan pada saluran pernapasan. Tumbuhan ini mengandung curcumin cukup tinggi. Curcumin merupakan bahan aktif yang memiliki sifat efek anti-peradangan yang cukup kuat.

Anda wajib mengonsumsi ramuan jamu kunyit secara rutin. Namun, sebaiknya Anda membuat perasan kunyit sendiri ketimbang membeli yang instan di pasaran. Biasanya kunyit instan tak lagi murni lantaran telah tercampur dengan bahan lainnya, termasuk gula atau pemanis buatan.

3. Jintan hitam

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi ekstrak jintan hitam dalam bentuk minyak dapat membantu mengurangi kekambuhan gejala asma bronkial, dan meringankan serangan asma.

4. Daun Mint

Asma atau gangguan pernapasan lainnya sering menjadi salah satu masalah yang sangat mengganggu. Namun tak perlu khawatir, Anda bisa memetik manfaat daun mint untuk mengatasi gangguan pernapasan seperti asma.

Daun mint memiliki aroma mentol yang bisa membantu membuka saluran pernapasan karena mengandung anti-inflamasi.

Tumbuhan ini juga memiliki sifat antibakteri yang berperan mengobati infeksi akibat serangan bakteri pada saluran udara. Kandungan itulah yang membuat daun mint berguna bagi pengidap asma karena mampu melonggarkan saluran pernapasan. Anda bisa menghirup aroma daun mint atau meminumnya sebagai teh.

5. Kapulaga

Apakah Anda tahu kapulaga? Ya, kapulaga merupakan rempah-rempah yang biasa dijadikan bumbu penyedap masakan. Selain sebagai bumbu dapur, kapulaga terkenal mampu meningkatkan kesehatan paru-paru.

Berdasarkan hasil penelitian dari Universitas Nitte di Mangalore, India, sumber minyak atsiri dalam kapulaga sangat efektif meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.

Kapulaga sudah banyak digunakan dalam berbagai terapi tradisional seperti aromaterapi untuk pengobatan asma dan bronkitis dengan meningkatkan sirkulasi darah ke paru-paru.

Demikian beberapa obat herbal alami yang dapat Anda coba dirumah, untuk membantu mengobati asma. Selain itu Anda juga bisa mencoba ramuan obat tradisional Asma dibawah ini.

Ramuan Tradisional Untuk Mengobati Asma


Bahan-bahan:
  • Kayu secang secukupnya.
  • Jahe 2 jempol.
  • Kapulaga 5 biji.
  • Daun pandan 2 lembar.
  • Air 400 ml.
  • Madu secukupnya.

Cara pembuatan:
  • Bersihkan semua bahan, setelah itu rebus dalam air 400 ml sampai mendidih.
  • Saring dan masukan dalam gelas, lalu tambahkan madu secukupnya.
  • Setelah hangat minum saat pagi atau sore hari.

Post a Comment