Ad Code

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Ramuan Tradisional Untuk Mengatasi Flu dan Batuk

Hampir setiap orang mungkin pernah mengalami flu yang disertai batuk, meski secara umum gejala tersebut akan hilang dengan sendirinya. Mendapatkan pengobatan secara dini dapat mempercepat penyembuhan, apalagi jika keluhan flu dan batuk sudah mengganggu aktivitas sehari - hari Anda.

Ramuan Tradisional Untuk Mengatasi Flu dan Batuk

Dibawah ini beberapa ramuan tradisional yang dapat Anda coba untuk membantu mengatasi flu dan batuk, yaitu sebagai berikut:

Bawang Putih 


Bumbu dapur ini ampuh menciptakan senyawa kuat yang disebut allicin. Saat dikunyah, diiris, atau dicincang, senyawa ini akan membentuk komponen yang bersifat antibakteri, antijamur, antivirus.

Penelitian juga menunjukkan bawang putih dapat merangsang sistem kekebalan tubuh dan bertindak sebagai antiperadangan. 

Studi lain menyebut, orang yang mengonsumsi suplemen bawang putih lebih jarang terkena flu, batuk, dan pilek. Jika terkena penyakit tersebut pun, durasinya lebih pendek.

Agar bisa mendapatkan manfaat maksimal bawang putih, takaran yang direkomendasikan adalah satu sampai dua gram bawang putih segar, dua kali sehari.

Madu


Selain bawang putih, madu juga termasuk sebagai obat flu alami yang sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu.

Sifat antimikroba alami dari madu dapat membantu tubuh melawan kuman penyakit, termasuk bakteri dan virus penyebab flu. Madu juga membantu meredakan gejala penyerta flu, seperti pilek dan batuk.

Untuk meredakan flu dengan bawang putih, larutkan 2 sendok madu dalam segelas air hangat untuk diminum setiap pagi dan malam hari.

Ada satu hal penting yang harus ketahui, madu tidak boleh diberikan pada bayi yang usianya kurang dari 1 tahun. Memberikan madu pada bayi justru meningkatkan risiko mereka terkena infeksi botulisme.

Jahe


Manfaat jahe untuk kesehatan memang sudah tak diragukan lagi. Sebagai obat flu tradisional, jahe membantu melemaskan otot saluran pernapasan untuk melegakan hidung serta menguatkan daya tahan tubuh.

Selain itu, jahe juga mengurangi rasa mual dan menghangatkan tubuh yang sedang tidak enak badan akibat kena flu.

Anda juga bisa menggabungkan jahe dengan kunyit. Kombinasi kunyit dan jahe ternyata dapat memperkuat sistem imun tubuh dari berbagai penyakit, termasuk flu.

Hal ini didasarkan pada sebuah penelitian yang diterbitkan pada Emerging Infectious Diseases tahun 2009 bahwa kunyit dapat menurunkan 90 persen kemampuan virus influenza berduplikasi pada sel yang terinfeksi.

Teh Herbal


Beberapa jenis teh herbal dipercaya mengandung zat antivirus dan antibakteri. Dengan mengonsumsi teh herbal, tubuh memiliki sistem kekebalan yang lebih baik untuk melawan infeksi virus, termasuk virus influenza.

Anda bisa membuat teh herbal yang terbuat dari bahan-bahan berikut sebagai obat alami untuk flu:
  • Teh hijau
  • Teh jahe
  • Teh adas manis

Selain itu, Anda tentunya juga dapat mencampur seduhan teh herbal dengan madu. Manfaat dari madu yang dikombinasikan dengan teh herbal akan memberi manfaat yang maksimal sebagai obat alami untuk gejala-gejala flu Anda.


Resep Jamu Kesehatan Tubuh


Bagi Anda yang sedang mengalami flu dan batuk, coba ramuan jamu berikut ini untuk membantu mengatasi keluhan tersebut dan memelihara kesehatan tubuh.

Siapkan bahan - bahan:
  • Air 500 ml
  • 1 Ruas kunyit
  • Jahe 300 grm
  • 1 batang sereh
  • Jeruk nipis 
  • Madu

Cara pembuatan:
  • Pertama bersihkan sereh, jahe dan kunyit tanpa dikupas kulitnya.
  • Lalu iris tipis-tipis kunyit, jahe dan sereh.
  • Masukan irisan jahe, kunyit dan sereh ke dalam panci penggodokan, lalu masukan airnya.
  • Setelah mendidih kurang lebih selama 3 menit tiriskan ke dalam gelas.
  • Setelah ditiriskan, tambahkan madu 3 sendok dan 1/6 irisan jeruk nipis.
  • Minum ramuan tersebut selagi hangat.

Demikian beberapa ramuan herbal untuk membantu mengatasi flu dan batuk secara alami, semoga lekas sembuh..

Reactions

Post a Comment

0 Comments

Ad Code

Responsive Advertisement