Nyeri atau sakit tulang belakang bawah bisa sangat mengganggu. Karena itu, penting untuk mengetahui penyebab sekaligus cara mengatasi sakit tulang belakang yang dialami.

Rasa nyeri pada tulang belakang bawah sering dikaitkan dengan nyeri punggung bawah (low back pain). Sakit ini biasanya berhubungan dengan ligamen (jaringan ikat) di sekitar tulang belakang, saraf, dan sumsum tulang belakang. Kondisi ini paling banyak terjadi pada orang dewasa usia 30-40 tahun.

Cara Mengatasi Nyeri Tulang Belakang Secara Alami

Memahami Penyebab Sakit Tulang Belakang Bawah


Ada beberapa faktor dapat meningkatkan risiko sakit tulang belakang bawah. Misalnya kelebihan berat badan, hamil, merokok, stres atau depresi, serta konsumsi obat-obatan yang dapat memengaruhi kondisi tulang, misalnya kortikosteroid.

Gejala sakit tulang belakang bawah dapat dirasakan berupa rasa nyeri, kebas, atau mati rasa yang menjalar pada satu kaki, nyeri sendi atau terasa kaku ketika berjalan pada pagi hari, dan lain-lain. Rasa sakitnya membuat tidak nyaman, bahkan dapat mengganggu aktivitas.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan sakit tulang belakang bawah, antara lain:

Mengalami ketegangan otot

Ketegangan otot (muscle strain) atau juga sering dikenal sebagai keseleo biasanya terjadi saat mengangkat benda berat yang salah atau gerakan secara tiba-tiba. Lain dari itu, ketegangan juga bisa dihasilkan dari aktivitas yang berlebihan saat bekerja.

Timbul gangguan pada struktur tulang belakang

Misalnya masalah pada cakram tulang belakang, artritis (radang tulang dan persendian), osteoporosis (pengeroposan tulang), atau lengkung tulang belakang yang abnormal seperti skoliosis dan kifosis.

Menderita penyakit tertentu

Penyebab lainnya bisa juga datang karena kondisi penyakit tertentu, seperti di antaranya penyempitan kanal tulang belakang (stenosis spinal), degeneratif spondylolisthesis, hilangnya fungsi saraf di sumsum tulang belakang bagian bawah atau disebut cauda equina syndrome, infeksi jamur atau bakteri pada tulang belakang, dan juga kanker pada tulang belakang.

Untuk memastikan penyebab sakit tulang belakang bawah, dokter dapat melakukan beberapa tes pendukung seperti Rontgen, CT scan, MRI, pemindaian tulang, ataupun electromyography (EMG). Jika dicurigai terjadi infeksi, dokter bisa merekomendasikan pemeriksaan darah.

Cara Mengatasi Nyeri Tulang Belakang Secara Alami


1. Kunyit

Kunyit mengandung zat bernama curcumin. Curcumin inilah yang memiliki fungsi antiinflamasi dan mampu meredakan nyeri. Tak hanya itu, kunyit memiliki aneka manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsinya.

Saat mengalami sakit punggung, mengonsumsi kunyit dapat meredakan rasa nyeri.

Anda bisa mencampurkan satu sendok teh kunyit dengan susu, kemudian minum dua kali sehari untuk meredakan nyeri punggung.

2. Jahe

Kandungan gingerol dalam jahe merupakan zat aktif yang memiliki aneka fungsi.

Salah satunya, gingerol dapat memberi efek meredakan nyeri jika dikonsumsi.

Selain itu jahe juga dapat mencegah peradangan.

Untuk meredakan sakit punggung, Moms bisa menyeduh jahe selama 10 - 15 menit dan menambahkan madu agar lebih lezat diminum.

Moms juga bisa menggunakan minyak jahe untuk memijat punggung Moms yang terasa nyeri.

3. Daun Kemangi

Daun kemangi mengandung beberapa minyak penting. Antara lain eugenol, citronellol, dan linalool.

Kandungan minyak-minyak tersebut memiliki sifat antiinflamasi serta dapat meredakan rasa sakit. Maka daun kemangi pun dapat digunakan sebagai pereda nyeri pada punggung.

Seduh daun kemangi dengan air panas selama 10 menit, Moms bisa minum air seduhan kemangi tersebut untuk meredakan nyeri punggung.

Sebaiknya seduhan daun kemangi rutin dikonsumsi 2 - 3 kali dalam sehari untuk mengoptimalkan manfaatnya.

4. Bawang Putih

Bawang putih mengandung komponen seperti selenium dan capsaicin. Kedua zat tersebut memiliki efek antiinflamasi dan analgesik.

Gabungan dari kedua zat tersebut akan memberikan efek sangat baik dalam meredakan nyeri punggung.

Penggunaannya dapat secara eksternal maupun internal. 

Anda dapat menghaluskan bawang putih dan mengoleskannya pada bagian yang nyeri. Diamkan selama 25 - 30 menit lalu bersihkan dengan lap basah.

Atau Anda bisa makan 2 - 3 siung bawang putih tiap pagi sebagai pereda nyeri punggung.

5. Nanas

Buah segar ini memiliki manfaat baik untuk meredakan nyeri punggung lo. Sebab nanas mengandung zat bernama bromelain.

Bromelain bisa menjadi zat antiinflamasi serta analgesik.

Maka mengonsumsi nanas dapat membantu Moms meredakan nyeri punggung tanpa perlu mengonsumsi obat pereda nyeri.

Untuk meredakan nyeri punggung Anda bisa minum jus nanas atau mengonsumsi nanas langsung sebagai kudapan.

Ramuan Tradisional Untuk Mengatasi Nyeri Tulang Belakang Dr Zaidul Akbar


Bahan-bahan:
  • Kunyit 1 jari kelingking
  • Jahe sejempol
  • Sereh 1 batang
  • Air 250-300 ml

Cara pembuatan:
  • Iris tipis atau geprek lalu seduh dengan air panas.
  • Atau rebus dengan api kecil kurang lebih 2 menit.
  • Setelah hangat lalu kasih madu 1-2 sdm.
  • Dan konsumsi juga minyak zaitun 1 sdm.
  • Konsumsi pagi hari saat perut kosong.
  • Lalukan bekam juga.


Demikian beberapa ramuan tradisional untuk mengatasi nyeri tulang belakang secara alami yang dapat Anda coba dirumah. Jika sakit masih berlanjut, segera periksa untuk mendapatkan penanganan yang tepat dari dokter.

Post a Comment