Ad Code

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

5 Jenis Makanan Untuk Membantu Melancarkan BAB

Menjaga apa yang dimakan merupakan salah satu cara untuk mengatasi keluhan susah buang air besar (BAB), yaitu dengan mencukupi asupan serat dari makanan sekitar 25-35 gram perhari dapat membantu Anda melancarkan BAB menjadi lebih mudah.

Susah buang air besar dalam bahasa medis disebut konstipasi, yaitu kondisi dimana frekuensi buang air besar menjadi berkurang. 

Sebenarnya frekuensi buang air besar bisa berbeda-beda pada tiap orang. Tidak ada patokan baku mengenai berapa kali normalnya buang air besar dalam sehari atau seminggu.

Namun terdapat beberapa ciri - ciri jika Anda mengalami konstipasi, yaitu BAB yang kurang dari tiga kali per minggu, disertai tekstur tinja yang lebih kecil, kering, dan keras, sehingga menyebabkan rasa sakit.

Jika Anda mengalami keluhan di atas, berikut ini beberapa jenis makanan yang dapat membantu melancarkan buang air besar menjadi lebih mudah.

Buah-buahan

Buah Apel

Banyak buah-buahan yang mengandung tinggi serat, di antaranya yaitu buah apel yang sangat baik dikonsumsi saat mengalami konstipasi. Kandungan serat buah utuh, tanpa dikupas kulitnya yaitu sekitar 5-6 gram. 

Begitu juga buah pir, Anda bisa memberikan sebagai cara melancarkan BAB pada bayi, baik yang sudah diolah sebagai makanan atau dalam bentuk jus.

Sayur-sayuran

Sayur Bayam

Sayur bayam memiliki kandungan serat yang tinggi. Satu cangkir bayam mengandung 4 gram serat. Tidak hanya itu, bayam juga merupakan sumber magnesium yang sangat baik.

Brokoli juga merupakan salah satu pilihan sayur terbaik untuk melancarkan BAB. Sekitar ½ cangkir brokoli mengandung 2,8 gram serat dan vitamin C. 

Anda bisa menyajikan brokoli pada waktu makan atau sebagai camilan dengan saus rendah lemak.

Kacang-kacangan

Kacang Merah

Salah satu manfaat kacang adalah kandungan serat yang cukup tinggi. Satu cangkir kacang terhitung memiliki 10 gram serat, terdiri dari serat larut dan serat tidak larut yang mendukung gerakan usus menjadi lancar. 

Salah satu jenis yang dapat Anda pilih adalah kacang merah yang dimasak atau sebagai tambahan dalam sup atau salad. 

Selain itu, kacang almond juga bisa dijadikan pilihan. Sekitar 28 gram almond dapat memasok 3,5 gram serat bagi tubuh.

Biji-bijian utuh

Biji Bijian Utuh

Misalnya, sereal atau roti yang terbuat dari dedak atau biji-bijian utuh, serta beras merah. Jenis makanan tersebut tinggi serat dan karbohidrat kompleks, sekaligus rendah lemak. 

Pastikan mengecek label kemasan sebelum membeli.

Camilan

Ubi

Mengonsumsi camilan yang tepat dapat mendatangkan manfaat melancarkan BAB secara alami. Misalnya, ubi ukuran sedang diketahui memiliki kandungan serat 3,8 gram. Namun, hindari mengupas ubi, karena kulitnya merupakan bagian yang mengandung paling banyak serat. 

Popcorn juga dapat menjadi pilihan camilan sehat untuk membantu menghindari konstipasi. Tiga cangkir popcorn mengandung 3,5 gram serat dengan total 100 kalori. Sebaiknya hindari penggunaan mentega berlebihan. 

Selain itu kamu juga bisa mengonsumsi kismis.

Perhatian !


Selain mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi, sebaiknya di iringi dengan membatasi asupan makanan tinggi lemak, seperti daging, keju atau produk susu lainnya. Kemudian, minum air minimal 8 gelas per hari dan olahraga secara teratur.

Hindari menggunakan obat pencahar setiap kali mengalami konstipasi. Sebaiknya gunakan obat pencahar sesuai dengan rekomendasi dokter, dan hanya untuk jangka waktu terbatas. 

Utamakan cara melancarkan BAB secara alami melalui asupan serat dari makanan dan tindakan pendukung lain, sebelum menggunakan obat pencahar

Waspadai konstipasi yang terjadi secara berlarut-larut, diiringi nyeri perut, darah pada tinja, atau penurunan berat badan tanpa pemicu yang diketahui.

Segera Konsultasi ke dokter jika konstipasi berlanjut atau menimbulkan gejala-gejala lain.
Reactions

Post a Comment

0 Comments

Ad Code

Responsive Advertisement