Lebih baik sakit hati daripada sakit gigi mungkin Anda pernah mendengarnya. Bukan lebay, pada sebagian penderita sakit gigi tidak hanya membuat kesulitan untuk makan saja, namun juga dapat mempengaruhi suasana hati dan bahkan kesehatan secara menyeluruh.

Pada beberapa penderita, sakit gigi juga sering disertai dengan pusing, demam, sakit telinga, sakit leher, dan bau mulut.  Keseluruhan gejala inilah yang membuat rasa sakit semakin menyiksa hingga menghambat aktivitas Anda sehari-hari.

Cara Meredakan Sakit Gigi Secara Alami

Intensitas nyeri pada penderita sakit gigi dapat berkisar dari ringan hingga parah. Anda bisa merasakan nyeri tajam yang terjadi secara terus menerus atau hilang timbul tidak menentu. 

Kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari tumbuh gigi, gusi bengkak, gigi berlubang, abses gigi (adanya nanah di dasar gigi), gigi retak/patah, tambalan gigi lama yang rusak dan lain sebagainya.

Jika Anda sedang mengalami keluhan seperti di atas, berikut ini penanganan pertama yang dapat Anda coba di rumah. 

Berkumur Dengan Air Garam

Air Garam

Cara pertama mengatasi sakit gigi dengan mudah adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Cukup dengan mencampurkan satu gelas air dengan setengah sendok teh garam, kemudian gunakan untuk berkumur selama kurang lebih 30 detik, lalu buang. Air garam berfungsi sebagai desinfektan alami dan dapat meredakan peradangan pada gigi dan gusi yang nyeri.

Minyak Cengkeh

Minyak Cengkeh

Menurut beberapa survei dan penelitian, rempah yang satu ini terbukti dapat digunakan sebagai cara meredakan sakit gigi. Caranya adalah dengan menempelkan setetes minyak cengkeh yang telah dicampur satu sendok minyak zaitun ke bagian gigi yang sakit menggunakan bola kapas (cotton ball), kemudian gigit supaya tetap berada di gigi yang sakit. Anda dapat membeli minyak cengkeh di toko makanan sehat dan apotik.

Di dalam minyak cengkeh terdapat bahan kimia eugenol yang berperan sebagai antibakteri, antiradang, dan pereda nyeri, sehingga minyak cengkeh dipercaya dapat meredakan sakit gigi.

Kompres Dengan Es

Kompres es

Anda bisa menggunakan metode ini untuk membantu mengurangi pembengkakan pada gigi dan gusi yang bengkak.

Caranya adalah dengan melapisi batu es dengan handuk atau kain, kemudian tempelkan ke bagian pipi Anda yang dekat dengan gigi yang sakit selama sekitar 20 menit, dan ulangi setiap beberapa jam.

Kunyah Bawang Putih

Bawang Putih

Cara meredakan sakit gigi selanjutnya adalah dengan menggunakan bawang putih. Caranya adalah dengan mengupas satu siung bawang putih terlebih dahulu, lalu potong atau belah dua. Kemudian, letakkan di bagian gigi yang sakit atau kunyah bawang putih tersebut. 

Bawang putih diketahui memiliki efek antibakteri yang dapat membantu melawan kuman di gigi dan mulut, serta mengurangi peradangan yang menyebabkan sakit gigi.

Daun Jambu Merah

Daun Jambu Merah

Daun jambu merah memiliki sifat antiradang, antimikroba, dan sekaligus pereda nyeri (analgesik) yang bisa Anda coba untuk meredakan sakit gigi di rumah.

Merangkum berbagai penelitian, daun ini dilaporkan membantu meredakan rasa nyeri pada gigi dan peradangan akibat penyakit periodontitis. Dua penelitian berbeda dari Filipina dan Kamerun juga membuktikan daun jambu merah ampuh untuk mengobati sariawan. 

Cara pakainya, kunyah 1-2 lembar daun jambu sampai airnya keluar. Kemudian oleskan sari-sari daun dengan lidah Anda langsung pada gigi yang sakit. 

Tidak suka dengan rasa daun yang pahit?

Alternatif lainnya Anda bisa merebus empat sampai lima lembar daun jambu kemudian saring dalam gelas. Diamkan dulu sampai hangat suam kuku, tambahkan sejumput garam. Gunakan larutan daun jambu tersebut sebagai obat kumur.

Berkumur Pakai Cuka

Cuka Apel

Jika Anda kurang berminat dengan asinnya air garam, mungkin cara mengobati sakit gigi ini bisa jadi pilihan. Cuka dapur dan cuka apel mengandung sifat antibakteri dan antimikroba yang ampuh membunuh kuman penyebab sakit gigi.

Namun, jangan berkumur dengan cuka murni. Asam dari cuka bisa merusak lapisan enamel gigi jika terpapar langsung. Maka, larutkan dulu 1/2 sdt cuka ke dalam segelas air hangat. Kumur dan tahan di daerah yang sakit selama kurang lebih 30 detik. Setelah itu, segera buang.

Apabila Anda tidak kuat dengan rasa masam dari cuka, Anda bisa teteskan cuka pada kapas dan tempelkan kapas tersebut pada gigi yang sakit. Setelah itu, segera berkumur dan sikat gigi seperti biasa dengan pasta gigi khusus gigi sensitif.

Madu

Madu

Madu juga bersifat sebagai antiseptik dan antibakteri, sehingga dapat digunakan sebagai obat alami untuk meredakan gigi ngilu. Bahkan, satu penelitian dari The Saudi Dental Journal melaporkan madu juga dapat membantu mencegah gigi berlubang dan radang gusi (gingivitis).

Anda bisa melarutkan satu sendok madu ke dalam segelas air hangat dan aduk rata. Gunakan air madu tersebut sebagai obat kumur selama 30 detik. Buang bekas air kumur tadi, dan akhiri dengan minum air putih.

Kunyit

Kunyit

Kunyit yang biasa dipakai untuk menyedapkan masakan ternyata juga bermanfaat sebagai obat gigi ngilu alami.

Senyawa curcumin dalam kunyit diketahui efektif untuk melawan bakteri penyebab infeksi gusi dan meredakan peradangannya. Untuk menjaga kesehatan mulut dan mengobati gigi ngilu, Anda bisa mengolah kunyit dengan dua cara.

Pertama, parut setengah ruas kunyit dan letakan pada gigi yang bermasalah selama beberapa menit. Kedua, Anda bisa mengolah kunyit menjadi pasta gigi.

Caranya, campurkan parutan kunyit dengan baking soda dan minyak kelapa. Aduk rata semua bahan tersebut sampai membentuk krim kental. Gunakan krim ini setiap kali Anda ingin menyikat gigi.

Akar Manis

Akar Manis

Menurut penelitian yang dipublikasikan pada American Chemical Society’s Journal of Natural Products, licorice alias akar manis dipercaya memiliki manfaat untuk kesehatan gigi. Terdapat senyawa licoricidin dan licorisoflavan A, yang merupakan antibakteri, berfungsi untuk mencegah pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang.

Tak hanya itu, licorice sebagai cara mengobati sakit gigi tradisional juga dapat mengurangi plak pada gigi. Anda bisa menggunakan bubuk akar manis untuk menyikat gigi. Selain itu, Anda bisa menggunakan langsung batangnya yang lembut sebagai sikat gigi.


Demikian beberapa cara meredakan sakit gigi secara alami yang dapat Anda coba di rumah sebagai penanganan pertama sebelum Anda ke dokter.

Untuk mencegah terjadinya sakit gigi, disarankan untuk membersihkan gigi secara rutin agar tidak ada bakteri yang menumpuk dan membuat gigi bertambah sakit.

Post a Comment