Ad Code

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

6 Kebiasaan ini Dapat Menjaga Kesehatan Pencernaan Anda

Saluran pencernaan merupakan salah satu organ yang berperan sangat penting bagi keberlangsungan fungsi tubuh. Kunci menjaga kesehatan pencernaan yang paling utama adalah dengan menerapkan pola makan teratur. Ini karena lambung setiap harinya memproduksi asam lambung, yang dipergunakan untuk mencerna makanan menjadi lebih kecil.

Jika kadar asam lambung terus bertambah namun tidak ada makanan yang bisa diolah akibat tidak teraturnya pola makan, maka asam lambung tersebut berpotensi melukai lambung.

Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan

Berikut ini, beberapa tips sederhana cara menjaga pencernaan Anda tetap sehat. 

1. Makan setidaknya 7 porsi buah dan sayuran setiap hari


Jadilah petualang, dan makan berbagai buah-buahan dan sayuran dalam bentuk apa pun - kalengan, segar, beku, atau kering. Makanan nabati kaya akan serat dan banyak nutrisi yng dapat menangkal penyakit.

Ukuran porsi buah
  • 1 cangkir segar
  • 1 buah seukuran bola tenis
  • ½ gelas kaleng
  • ¼ gelas dikeringkan
  • 4 ons Jus 100%
  • Ukuran porsi sayuran
  • 1 cangkir mentah
  • ½ gelas dimasak
  • 6 ons Jus sayuran 100%

2. Pilih gandum utuh


Pelabelan baru "gandum utuh" pada paket dapat membantu Anda memilih biji-bijian bagus ini lebih sering. Cari kata "utuh" pada kemasan dan dalam daftar bahan (pada label nutrisi), pastikan bahwa biji-bijian utuh muncul di antara item pertama yang tercantum. Kemudian periksa juga jumlah serat yang dikandung produk. Cobalah untuk memilih item dengan setidaknya 3 gram serat makanan per sajian untuk manfaat terbaik.

3. Batasi jumlah daging sapi, domba, dan daging olahan yang Anda makan


Pilih unggas atau ikan lebih sering daripada daging merah, dan batasi daging olahan. Kebanyakan orang tidak perlu mengkonsumsi lebih dari 6 hingga 8 ons daging setiap hari. Coba ganti daging dengan kacang kering untuk mendapatkan lebih banyak serat. Satu setengah cangkir kacang menyediakan jumlah protein yang sama dengan 1 ons daging.

4. Cobalah metode memasak berikut ini


Mengukus, merebus, atau microwave dapat mencegah perkembangan karsinogen (kanker). Jika Anda memanggang, Anda bisa menghilangkan kulit ayam atau ikan untuk mengurangi paparan. Dan jangan lupa, penting untuk memastikan daging Anda dimasak sampai matang sebelum memakannya.

5. Konsumsi makanan dengan probiotik


Probiotik adalah bakteri sehat yang membantu melawan bakteri jahat di usus Anda. Mereka juga menghasilkan zat-zat sehat yang memberi nutrisi bagi usus Anda. Sumber probiotik yang baik adalah yogurt, kefir, kimchee, cuka sari apel mentah, dan sauerkraut mentah.

6. Batasi makanan yang telah menambahkan gula dan lemak hewani


Makanan ini dapat menghasilkan bahan kimia berbahaya di saluran pencernaan dan menyebabkan kerusakan seiring waktu. Baca label bahan untuk sumber gula tambahan. Pilih daging tanpa lemak dan unggas tanpa kulit. Batasi produk susu tinggi lemak seperti keju dan mentega.

Reactions

Post a Comment

0 Comments

Ad Code

Responsive Advertisement