Ad Code

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

13 Manfaat Wedang Jahe Untuk Kesehatan Tubuh

Jahe merupakan salah satu tanaman rimpang yang biasa digunakan sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Rasanya yang dominan pedas disebabkan oleh senyawa keton bernama zingeron.

Ketika hujan turun dan udara menjadi dingin, minuman jahe banyak dicari untuk menghangatkan tubuh. Minuman jahe juga memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan dan mengurangi berbagai gejala penyakit, termasuk mengatasi masalah pada perut.

Manfaat Minuman Jahe Untuk Kesehatan

Beragam Manfaat Minuman Jahe Untuk Kesehatan


Salah satu cara untuk mendapatkan manfaat dari jahe, Anda bisa menikmatinya dengan membuat teh jahe, wedang jahe, ataupun susu jahe.

Jahe sendiri dikenal memiliki kandungan zat fitokimia yang bermanfaat sebagai analgesik, anti peradangan dan anti-bakteri. Jahe juga memiliki kandungan vitamin B5 dan vitamin B6 yang bermanfaat bagi tubuh kita. Tanaman ini juga dikenal memiliki kandungan antibiotik alami.

Selain itu, masih sangat banyak manfaat jahe bagi kesehatan. Simak daftarnya berikut ini!

1. Menurunkan Berat Badan

Manfaat jahe yang pertama adalah menurunkan berat badan. Karena ketika mengonsumsi jahe pembuluh darah akan melebar, sehingga suhu tubuh menjadi naik dan mempercepat proses pembakaran lemak.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Jahe juga memiliki manfaat untuk kesehatan jantung. Karena kandungan dalam jahe dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida berlebih dalam tubuh yang tidak baik untuk kesehatan jantung.

3. Mengatasi Masuk Angin

Manfaat jahe selanjutnya adalah untuk mengatasi masuk angin. Masuk angin pasti membuat tidak nyaman dalam menjalani aktivitas.

Masuk angin dapat diatasi dengan mengonsumsi air jahe, sehingga tubuh menjadi hangat dan angin bisa dikeluarkan dengan maksimal.

4. Meredakan Batuk dan Pilek

Jahe telah terbukti dapat melegakan tenggorokan dengan cara menghancurkan lendir pada tenggorokan sehingga mudah dibuang dari sistem pernapasan.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat jahe beruikutnya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan rutin mengonsumsi jahe kamu akan tidak mudah jatuh sakit karena jahe berfungsi sebagai antioksidan yang bermanfaat menangkal radikal bebas.

6. Mengatasi Gejala Osteoarthritis

Osteoarthritis merupakan gangguan persendian yang menyebabkan sendi di bagian tubuh seperti tangan, lutut dan pinggul menjadi nyeri dan kaku.

Dengan mengonsumsi jahe secara rutin dapat meningkatkan produksi asam salisilat yang bermanfaat untuk mengurangi gejala tersebut.

7. Menjaga Sistem Pencernaan

Jahe juga memiliki manfaat bagi pencernaan. Jahe bermanfaat untuk mengatasi masalah perut kembung dan mual. Selain itu jahe juga berfungsi membersihkan usus sehingga pencernaan menjadi lebih lancar.

8. Mengatasi Nyeri Otot

Kandungan yang terdapat di dalam jahe telah diketahui secara efektif meredakan nyeri otot. Studi membuktikan bahwa rutin mengonsumsi 2 gram jahe per hari selama 11 hari, mampu menurunkan nyeri otot secara signifikan.

9. Menurunkan Kadar Gula dalam Darah

Penelitian terbaru menyebutkan bahwa jahe merupakan salah satu bahan alami yang ampuh untuk menangkal diabetes. Rutin konsumsi jahe mampu menurunkan angka gula dalam darah sebanyak 12 persen.

10. Mengurangi Nyari saat Menstruasi

Bagi para wanita yang sering mengalami nyeri saat datang bulan, jahe mungkin bisa membantu. Studi menyarankan, konsumsi 1 g jahe setiap hari dalam tiga hari pertama periode menstruasi, maka hasilnya akan efektif.

11. Menurunkan Tingkat Kolesterol

Kolesterol jahat alias high level lipoprotein (LDL) adalah faktor penyebab banyak penyakit berbahaya, salah satunya serangan jantung. Konsumsi sari jahe mampu menurunkan kolesterol secara ampuh.

Dengan catatan, kamu juga hindari jauh-jauh makanan yang mengandung kolesterol tinggi dan mulailah konsumsi makanan sehat setiap hari.

12. Bantu Menangkal Kanker

Kandungan dalam jahe telah diteliti bermanfaat untuk membantu tubuh memerangi beberapa bentuk sel kanker.

13. Mengurangi Reaksi Alergi

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa minuman jahe dapat meredakan reaksi alergi. Hal tersebut karena tanaman herba ini memiliki efek antiradang yang mampu meredakan reaksi peradangan akibat alergi.

Cara Membuat Minuman Jahe


Ada banyak cara untuk membuat minuman jahe atau wedang jahe, mulai dari yang sederhana, yaitu dengan merebus jahe dalam air, hingga yang lebih sulit, yaitu mencampur air rebusan jahe dengan berbagai bahan lainnya.

Berikut ini adalah beberapa cara membuat minuman jahe yang bisa Anda coba dirumah.

Minuman jahe dengan madu dan jeruk nipis
  • Cuci dan bersihkan jahe, kemudian iris tipis-tipis.
  • Taruh irisan jahe dalam 2 cangkir air, rebus selama 10-20 menit.
  • Tambahkan madu dan jeruk nipis untuk memperkaya rasa, lalu sajikan.

Minuman jahe susu
  • Cuci dan bersihkan jahe, kemudian iris tipis-tipis.
  • Rebus irisan jahe dan 1 cangkir air selama 10 menit.
  • Angkat lalu tambahkan 2 cangkir susu.
  • Didihkan kembali dengan api kecil selama 5 menit, sajikan.

Minuman jahe dapat memberikan beragam manfaat bagi tubuh. Meski demikian, sebaiknya Anda mengkonsumsi jahe dalam takaran yang sesuai. Anda tidak dianjurkan mengonsumsi lebih dari 4 gram jahe per hari. Sebaliknya jika dikonsumsi berlebihan, minuman jahe justru dapat menyebabkan kembung dan nyeri ulu hati.
Reactions

Post a Comment

0 Comments

Ad Code

Responsive Advertisement