Menurunkan kolesterol secara alami bisa menjadi pilihan yang tepat sebelum mengonsumsi obat penurun kolesterol. Selain tidak menimbulkan efek samping, cara alami menurunkan kolesterol juga bermanfaat lebih bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Kolesterol merupakan zat yang diproduksi secara alami oleh organ hati, tetapi juga bisa ditemukan dalam makanan yang berasal dari hewan, seperti daging dan susu. 

Kolesterol diperlukan oleh tubuh untuk membentuk sel-sel sehat, memproduksi sejumlah hormon, dan menghasilkan vitamin D. 

Meskipun penting bagi tubuh, kolesterol dapat mengganggu kesehatan jika kadarnya terlalu tinggi. Kolesterol akan menumpuk di pembuluh darah dan mengganggu aliran darah, hingga meningkatkan risiko munculnya berbagai penyakit, seperti penyakit jantung dan stroke.

Resep Jus Untuk Menurunkan Kolesterol Dengan Cepat

Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami


Ada beragam cara menurunkan kolesterol secara alami yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan mengubah gaya hidup, pola makan, dan resep jus khusus. 

Cara ini dapat menjaga kadar kolesterol dalam darah tetap terkontrol dengan baik.

Resep Jus Untuk Menurunkan Kolesterol - Dr. Zaidul Akbar


Bahan - bahan:
  • 3 buah wortel.
  • 2 batang seledri.
  • 1 buah jeruk.
  • 1 jeruk lemon.
  • 1,5 jempol kunyit.
  • 1 jempol jahe.
  • 1 kale ukuran besar.
  • 1/4 sdt lada hitam (bubuk/butiran).
  • Madu secukupnya

Cara pembuatan:
  • Blender semua bahan.
  • Tambahkan air secukupnya.
  • Masukan dalam gelas dan tambahkan madu.
  • Bisa untuk di minum 2x sehari.

Terapkan Gaya Hidup Sehat


1. Perbanyak makan sayur dan buah

Untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah. 

Kandungan serat dalam sayur dan buah mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (low density lipoprotein/LDL). 

Anda disarankan untuk mengonsumsi sekitar 500 gram buah dan sayur setiap harinya.

2. Konsumsi makanan yang kaya akan kandungan omega-3

Makanan kaya omega-3 dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah. 

Pilihan makanan yang kaya akan kandungan asam lemak omega-3 cukup beragam, di antaranya adalah ikan salmon, makerel, tuna, sarden, kacang kenari, dan biji chia.

3. Pilih makanan rendah lemak

Jika Anda memiliki masalah kolesterol tinggi, pilihlah makanan dengan kadar lemak yang rendah. Anda bisa mengonsumsi ikan, ayam, daging sapi tanpa lemak, susu rendah lemak, putih telur, kacang-kacangan, polong-polongan, tempe, dan tahu. 

Hindari konsumsi makanan berlemak, seperti goreng-gorengan.

4. Konsumsi makanan atau minuman yang mengandung serat larut

Untuk membantu menurunkan kadar kolesterol, Anda disarankan mengonsumsi makanan yang mengandung serat larut, misalnya alpukat, ubi jalar, brokoli, lobak, pir, wortel, apel, kacang merah, biji rami, dan gandum.

Agar lebih praktis, Anda juga dapat mengonsumsi produk suplemen atau minuman yang mengandung serat larut beta glucan dan inulin. 

Beta glucan mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan kolesterol total dalam tubuh. Sedangkan inulin bermanfaat menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida dalam darah.

Akan lebih baik lagi jika produk minuman tersebut mengandung vitamin B1 dan B2, yang mampu membantu pembakaran kolesterol dalam tubuh menjadi energi.

5. Berolahraga secara teratur

Selain mengatur pola makan, Anda juga disarankan untuk rutin berolahraga. Tidak hanya membuat tubuh menjadi bugar, olahraga juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

6. Berhenti merokok

Rokok juga dapat mengganggu keseimbangan kadar kolesterol dalam tubuh, maka dari itu, berhentilah merokok. 

Kebiasaan merokok dapat menurunkan kadar kolesterol baik (high density lipoprotein/HDL) dalam tubuh, selain itu, pembuluh darah juga menjadi lebih kaku. Jika ini terjadi, risiko untuk terkena penyakit jantung dan stroke akan meningkat.

7. Kontrol berat badan

Cara menurunkan kolesterol berikutnya adalah menjaga berat badan ideal. Orang dengan berat badan berlebih atau obesitas dapat mengalami peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh. 

Maka dari itu, Anda disarankan menjalani diet sehat untuk menurunkan berat badan, demi menurunkan kolesterol.

8. Kurangi stres

Sebuah penelitian menyatakan bahwa stres jangka panjang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida. 

Hal ini bisa terjadi karena hormon kortisol dan adrenalin yang dilepaskan ketika stres. Oleh karena itu, cobalah untuk selalu kelola stres dengan baik dari waktu ke waktu.

Cara menurunkan kolesterol secara alami bisa sangat efektif jika dilakukan dengan konsisten. Dengan cara ini, kadar kolesterol bahkan bisa turun menjadi normal tanpa harus menggunakan obat.

Agar kadar kolesterol dalam darah terkontrol dengan baik, batasi asupan makanan yang mengandung lemak jenuh, seperti daging berlemak, daging asap, sosis, es krim, makanan bersantan, biskuit, dan kue kering.

Tidak hanya itu,  makanan yang banyak mengandung gula juga perlu dibatasi. Makanan seperti ini dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dan menurunkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

Post a Comment