Ad Code

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Ramuan Tradisional Untuk Meredakan Sakit Kepala

Hampir setiap orang pernah mengalami sakit kepala, dimana keluhan dapat berlangsung beberapa jam hingga berhari-hari. 

Sakit kepala dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kurang tidur, stres, telat makan, dan beberapa perilaku sehari-hari lainya. Sakit kepala juga dapat dipicu oleh sejumlah penyakit seperti sakit gigi, migrain dan hipertensi.

Pada umumnya sakit kepala bisa sembuh dengan sendirinya. Namun jika keluhan terasa mengganggu dan sulit untuk beraktivitas, Anda dapat mengatasinya dengan ramuan tradisional dibawah ini.

Teh Herbal

Teh Herbal

Teh herbal yang terdiri dari berbagai macam jenis tumbuhan sudah digunakan sejak dahulu untuk mengatasi beberapa keluhan, termasuk sakit kepala. Beberapa macam teh herbal juga dapat memberikan efek relaksasi dan membuat tidur lebih nyenyak.

Beberapa jenis teh herbal yang dipercaya bisa mengatasi sakit kepala secara alami adalah teh chamomile, teh jahe, teh peppermint, teh lavender, dan teh bunga krisan.

Jahe

Wedang Jahe

Jahe menjadi salah satu rempah herbal yang di klaim mampu mengobati sakit kepala secara alami. Sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Pythoter Resource membuktikan:

Kandungan zat antiinflamasi dan antioksidan kuat dalam jahe dapat mengurangi peradangan yang sama manjurnya dengan obat sumatriptan untuk mengatasi migrain.

Cara membuat wedang jahe yang enak
  • Siapkan jahe segar secukupnya, sereh, jeruk nipis dan madu.
  • Cuci bersih jahe dan sereh dalam air mengalir.
  • Bakar jahe hingga merata, setelah itu tumbuk dengan sereh.
  • Rebus jahe dan sereh dengan air secukupnya.
  • Setelah mendidih selama 3 menit, tiriskan.
  • Masukan perasan jeruk nipis sedikit dan madu secukupnya.
  • Hidangkan selagi hangat.

Habbatussauda

Habbatussauda

Biji-bijian yang dalam bahasa Latin disebut Nigella sativa ini mengandung aneka nutrisi yang baik bagi kesehatan, seperti karbohidrat, protein, lemak sehat termasuk asam oleat dan asam linoleat, kalsium, serat, zat besi, natrium, kalium, dan antioksidan.

Berbagai penelitian telah dilakukan untuk membuktikan manfaat pengobatan yang dimiliki habbatussauda. Di antaranya untuk membantu pengobatan diabetes, hipertensi, kolesterol tinggi, dan kanker.

Selain itu, jintan hitam juga memiliki efek antibakteri, diuretik, antiperadangan, analgesik, memperkuat kekebalan tubuh, dan baik untuk kesehatan organ ginjal, lambung, serta hati. Manfaat tersebut berasal dari thymoquinone (TQ) yang terkandung dalam habbatussauda.

Demikian beberapa obat alami tradisional yang dapat Anda coba dirumah, semoga bermanfaat ya.
Reactions

Post a Comment

0 Comments

Ad Code

Responsive Advertisement