Sejumlah penelitian mengatakan bahwa daun ungu merupakan tanaman herbal yang dapat digunakan untuk membantu mengobati wasir atau ambeien. Di dalam Daun Ungu mengandung bahan aktif senyawa flavonoid, steroid, saponin, tanin, dan alkaloid. Kombinasi bahan aktif ini diduga dapat membantu mengatasi peradangan dan melunakkan tinja.

Tanaman yang secara original tumbuh di kawasan hutan Papua ini, kini banyak dikenal di seluruh Indonesia. Dan dibalik warna ungunya yang khas, tanaman perdu ini diketahui mengandung banyak komponen anti oksidan yang padat.

Manfaat Daun Ungu Untuk Mengobati Wasir

Mengenal Khasiat Daun Ungu Untuk Mengobati Wasir


Prof dr H Sardjono Oerip Santoso dari Farmakologi FKUI mengatakan rebusan daun ungu bisa mencegah munculnya wasir.  “Sebanyak 9-10 gram daun ungu segar kemudian direbus dalam 2 gelas air (600 cc) sampai menjadi 1 gelas rebusan dan diminum tiap hari 1 kali. Lima hari kemudian, efek yang ditimbulkan oleh gejala hemorroid (ambeien) seperti nyeri, pendarahan, dan panas hilang tak berbekas..”, ungkapnya.

Selain itu, Dr drg Nur Permatasi MS, dr Umi Kalsum MKes, dan dr Nurdiana MKes dari FK Unbraw, Malang. Mereka menyatakan bahwa kandungan alkaloid dalam daun ungu mempunyai kemampuan sebagai antiinflamasi dan juga sebagai analgesik pada hewan percobaan. Efek analgesik tersebut ditunjukkan dengan terjadinya penurunan nilai ambang nyeri setelah pemberian ekstrak alkaloid pada dosis 1,5, 3, dan 6 mg/kg.

Selain pengobatan secara herbal, penderita ambeien juga disarankan untuk menerapkan gaya hidup sehat yaitu dengan konsumsi makanan berserat, perbanyak asupan cairan tubuh, menjaga kebersihan anus dan jangan tunda BAB.

Post a Comment