Ad Code

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Perawatan Alami Mengatasi Hidung Tersumbat Di Rumah

Hidung tersumbat dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu flu, Batuk pilek, Sinusitis, dan alergi.

Hidung tersumbat merupakan kondisi dimana pembuluh darah yang berada di sekitar hidung mengalami pembengkakan.

Pembengkakan ini dikarenakan cairan atau lendir yang berlebihan di hidung.

Secara umum gejala tersebut dapat mereda dengan mengkonsumsi obat - obatan yang bisa Anda dapatkan di apotik ataupun yang diresepkan oleh dokter. 

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Selain menggunakan obat - obatan, Anda juga bisa mencoba beberapa cara alami berikut ini.

Minum air putih hangat


Memperbanyak asupan cairan adalah cara paling praktis untuk mengatasi hidung tersumbat. Biarkan tubuhmu tetap terhidrasi dengan baik, karena ini bisa membantu mengencerkan lendir.

Menghirup uap hangat


Untuk mendapatkan udara yang lembap, Anda bisa melakukan sauna wajah, alias menghirup uap hangat. Caranya, isilah wadah atau baskom berisi air panas. Condongkan tubuh Anda ke atas permukaan air dan tutupi dengan handuk untuk memerangkap uap.

Hiruplah uap hangat selama kurang lebih 10 menit. Ulangi 2-3 kali sehari sampai Anda bisa bernapas dengan lega.

Anda juga bisa mencampur beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam air hangat. Minyak kayu putih terbukti secara ilmiah sebagai alternatif rumahan yang bisa membunuh beberapa jenis bakteri penyebab hidung mampet, seperti infeksi sinus.

Namun, sebaiknya jangan terlalu banyak agar mata Anda tidak perih.

Mandi air hangat


Cara mudah lainnya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hidung tersumbat adalah mandi air hangat. Uap yang dihasilkan dari air hangat dapat membantu mengencerkan lendir yang menumpuk di rongga hidung Anda.

Selain itu, uap air hangat juga dipercaya dapat membantu mengurangi peradangan di dalam hidung. Namun, pastikan Anda tidak menggunakan air yang terlalu panas untuk mandi, ya.

Menggunakan kompres hangat


Tempelkan kompres hangat di dahi dan di atas hidung, untuk mengatasi hidung yang tersumbat. Untuk membuat kompres hangat, rendam handuk kecil di dalam air panas, kemudian peras hingga tidak ada air yang menetes.

Rasa hangat yang diberikan kompres bisa menenangkan nyeri dan meredakan peradangan di lubang hidung.

Wedang jahe


Tak hanya menghangatkan, minuman berbahan dasar jahe juga memiliki banyak manfaat. Selain dapat meredakan hidung terseumbat karena gejala flu, jahe juga bermanaat untuk mengurangi reaksi alergi, menurunkan berat badan, meredakan nyeri haid, meredakan nyeri sendi dan otot bahkan dapat bermanfaat untuk mencegah risiko terkena penyakit jantung.

Bahan Resep:
  • 700 ml / 2 Gelas Besar Air Mineral.
  • 100 Gram / 2 Buah Gula Jawa.
  • 10 cm / 5 Ruas Jari Jahe Tua.

Cara Pembuatan:
  • Pertama bersihkan jahe, setelah itu bakar hingga semua sisinya terkena panas api, dan aromanya keluar.
  • Kedua setelah dibakar, kupas jahe. Perlu trik khusus dalam mengupas jahe ini, yakni dengan mengupas setipis mungkin. Hal ini karena bagian jahe yang paling pedas terletak dibagian bawah kulitnya. Cukup dengan mengerik menggunakan pisau atan sendok saja.
  • Ketiga memarkan jahe. Apabila rimpang jahe terlalu besar, lebih baik iris dahulu lalu bisa dimemarkan bagian kecilnya.Langkah ini bertujuan untuk mengeluarkan sari jahe, selain aroma, rasa jahe juga akan lebih kuat.
  • Ke empat rebus semua bahan dengan air hingga mendidih kurang lebih selama 10 menit.
  • Terakhir tuangkan dan hidangkan. Apabila sari rempah sudah keluar dan gula sudah larut semua, dan air sudah kecoklatan, wedang jahe tandanya sudah matang. Saringlah saat akan menuangkan kedalam gelas. Lalu sajikan saat masih hangat.

Tekhnik pemijatan


Untuk mengatasi hidung mampet, memijat hidung menjadi cara mudah selanjutnya yang bisa Anda coba dirumah.

Caranya Gunakan lidah untuk menekan langit-langit mulut. Secara bersamaan, gunakan jari-jari untuk memijat dari arah ujung hidung ke arah di antara dua alis.

Setelahnya, tekan lama dengan jari di antara dua alis. Lakukan hingga hidung mampetmu sudah mulai terbuka.

Cara itu dilakukan agar melonggarkan pernafasan dan menjadi lebih lega.


Demikian beberapa cara mengatasi  hidung terumbat yang dapat Anda coba dirumah. Jika keluhan gejala tidak kunjung mereda segera dapatkan pengobatan yang tepat.
Reactions

Post a Comment

0 Comments

Ad Code

Responsive Advertisement